Keistimewaan Baja Sebagai Konstruksi Gudang

konstruksi baja gudang

reviewtoko.com – Baja merupakan salah satu bahan konstruksi penting yang menunjang kualitas bangunan dalam jangka waktu panjang. Namun demikian, pembaca mungkin belum mengetahui secara mendetail terkait bagaimana karakteristik yang dimiliki baja sehingga menjadi material pilihan.

Jangan Salah Membedakan Besi Dengan Baja

Bahan pilihan yang paling banyak digunakan sebagai material pondasi maupun kerangka bangunan yaitu besi dan baja. Kedua benda tersebut memang memiliki beberapa persamaan, kendati perbedaan nya juga mencolok. Oleh karenanya, pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai apa saja karakteristik dari masing-masing.

Persamaan besi dan baja

Besi dan baja sama-sama masuk dalam elemen logam yang sama yaitu Fe atau Ferrum. Hal ini mendasari keduanya memiliki sifat yang hampir sama, yaitu cocok digunakan sebagai bahan dasar bangunan sebab kekuatan serta keuletan nya dalam menjaga konstruk sebuah bangunan maupun kendaraan.

Selanjutnya, elemen besi dan baja melimpah di dalam bumi, sehingga menjadi sangat terjangkau dari segi harga. Dengan pengolahan cukup sederhana, keduanya dapat mudah dipesan secara cepat. Jadi sejauh ini, apakah persamaan kedua material ini dapat dipahami?

Perbedaan besi dan baja

Belum banyak orang yang tau bahwa sebenarnya elemen konstruksi baja gudang juga memiliki unsur besi di dalamnya. Baja merupakan olahan material konstruksi gabungan antara besi, karbon, fosfor, sulfur, silikon, aluminium, oksigen, nitrogen, serta karbon dengan ketentuan ukuran masing-masing.

Baja sebenarnya adalah material buatan. Oleh karenanya fungsi-fungsi dan kualitas nya berbeda dengan besi yang murni berasal dari alam. Supaya lebih jelas, dibawah ini merupakan list perbedaan keduanya;

  • Besi memiliki sensitifitas reaksi terhadap oksigen yang lebih besar. Reaksi ini berupa karat / warna merah yang menempel pada tubuh material. Lama-kelamaan, karat ini akan mengakibatkan kerapuhan. Sedangkan baja lebih tahan serta ramah terhadap berbagai tekanan eksternal di luar dirinya.
  • Kekuatan material baja lebih kokoh dibandingkan dengan besi. Hal ini dpengaruhi oleh susunan keduanya yang berbeda. Baja merupakan unsur buatan gabungan dari banyak elemen sedangkan besi adalah murni.
  • Baja memiliki daya redam lebih kecil dibandingkan besi.
  • Lama jangka waktu penggunaan / keawetan.
  • Harga keduanya.

Jenis Fungsi Kegunaan Baja

Dilihat dari kegunaanny, baja dapat dibedakan menjadi dua klasifikasi yaitu baja untuk kontruksi dan baja sebagai perkakas. Keduanya memiliki karakteristik berbeda sesuai dengan fungsinya. Oleh karenanya, berikut penjelasan perbedaan tersebut;

Baja konstruksi

Konstruksi Baja Gudang menjadi salah satu macam baja dengan fungsi kontruksi. Ia mengandung arbon sebesar 0,7%. Tujuan nya supaya material kokoh, awet, serta tahan dengan berbagai tekanan maupun gangguan seperti gigitan hewan pemakan segala, cuaca panas dan dingin secara ekstrim, dan lain sebagainya.

Jenis baja kostruksi ini terbagi lagi menjadi macam-macam kualitas. Tetap pastikan bahwa Anda memilih bahan material dengan kualitas yang terbaik. Sebab baja murahan / tidak memnuhi standart SNI sangat berbahaya untuk digunakan dalam bangunan Anda.

Di CV Mulya Teknik Anda tak perlu khawatir akan mendapatkan jenis pilihan baja mengecewakan, sebab peralatan yang dijual sudah disortir dan dipilih yang terbaik. Konstruksi Baja Gudang yang tersedia memiliki jenis lengkap, membuat Anda selaku pembeli dapat leluasa menentukan pilihan.

Baja perkakas

Selain sebagai material penting dalam sebuah bangunan, baja juga banyak digunakan dalam berbagai peralatan perkakas rumah tangga. Jenis bahan yang dipakai dalam peralatan-peralatan ini tentu saja berbeda dengan kegunaan sebagai bahan konstruksi. Biasanya lebih dikenal dengan baja premium.

Adapun peralatan-peralatan di sekitar Anda yang terbuat dari baja, diantaranya yaitu pisau, alat potong dalam mesin pompres, cetakan kue, setrika, panci panci (jenis baja aluminium) dan banyak lagi. Secara umum, ciri khas perkakas baja adalah tahan panas dan tahan terhadap keausan.

CIRI-CIRI BAJA BERKUALITAS

Setelah penjelasan pengantar mengenai karakteristik baja dibandingkan dengan besi, selanjutnya di bawah ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri baja berkualitas. Meliputi baja apa saja, bisa baja gudang, maupun lain-lainnya. Demikian kualifikasinya;

Memenuhi standart kualitas baja

Pertama, baja harus memenuhi kualifikasi standart kualitas yang ditetapkan oleh Standar Nasinal Indonesia (SNI). Ketentuan ini juga sudah banyak digunakan oleh negara-negara maju serta diaplikasikan oleh CV Mulya Teknik demi menciptakan ketahanan dan keamanan pembangunan demi kemakmuran negara secara optimal.

Misalkan saja untuk baja ringan tipe Galvalum. Ia diharuskan mengandung pelapis berupa zinc dengan takaran minimal 150gr/m. Adapun Galvanis membutuhkan pelapis zinc minimal 180gr/m. Apabila baja sudah memiliki kandungan sesuai takaran diatas, maka kekokohan yang diberikan bisa mencapai 20 – 30 tahun.

Memiliki tekstur material yang pas

Kedua, Konstruksi Baja Gudang berkualitas memiliki tekstur material yang tidak terlalu keras maupun lentur terutama pada baja ringan. Pada jaman sekarang ini, banyak beredar baja abal-abal atau biasa disebut ‘baja banci’. Jenis ini secara sekilas nampak sama dengan baja pada umumnya, namun kandungan di dalamnya berbeda.

Sebagaimana dijelaskan diatas, baja merupakan gabungan elemen-elemen dengan takaran tertentu yang dapat menciptakan sebuah kekuatan pada materil tersebut. akan tetapi, baja abal-abal dibuat menggunakan unsur sembarangan. Biasanya barang besi daur ulang dipanaskan kemudian dicetak.

Kesalahan memilih baja abal-abal dapat berbahaya, karena beresiko roboh serta mudah rusak. Salah satu cara mengantisipasinya yaitu dengan memastikan tekstur baja tersebut tidak terlalu keras maupun terlalu lunak,

Ukuran keseimbangan pada baja sesuai

Langkah ini mungkin memang cukup mendetail, akan tetapi mutakhir dalam menentukan apakah baja tersebut layak dibeli atau tidak. Kuda-kuda pada baja memiliki standart ukuran maksimal 120 cm. Adapun semakin rapat akan semakin baik.

Besi berkualitas tidak akan memiliki perhitungan meleset. Pengukuran nya presisi menggunakan peralatan teknologi memadai, bukan abal-abal. Langkah ini merupakan tambahan, apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk melakukan pengecekan ini, langkah-langkah lain yang disebutkan sudah cukup sebagai tips jitu.

Memiliki Label SNI dan tulisan ukuran

Cara paling aman dalam memilih baja berkualitas dan aman adalah dengan menemukan label Standart Nasional Indonesia (SNI) dalam tubuh baja. Pastikan juga logo tersebut timbul, sebab ciri khas ini menandakan keaslian cap tersebut.

Cap ini biasanya juga dibarengi dengan tulisan ukuran ketebalan baja. Ketebalan ini dapat menjadi sarana Anda mengetahui kualitas sebuah baja, apakah cocok dengan bangunan yang membutuhkan atau tidak. ketebalan standart baja sendiri yaitu minimal 0,75.

Menyediakan garansi

Produsen baja asli tidak akan ragu memberikan garansi kepada konsumen apabila produk nya dirasa memiliki ketidaksesuaian dengan spesifikasi yang ditawarkan. Selain itu, pembeli juga diuntungkan dengan jaminan ini, sebab akan menimbulkan kepercayaan tentang produk yang dibelinya.

Singkatnya, garansi mempermudah kedua belah pihak dalam melakukan transaksi jual beli. Jadi pengguna dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan kualitas baja terbaik.

Hal demikian juga diterapkan CV Mulya Teknik dalam menyuguhkan Konstruksi Baja Gudang sebagai komoditasnya. Maka tidak heran, badan usaha ini terus dipercaya oleh masyarakat Indonesia dalam mengokohkan infrastruktur.

Leave a Reply